MBOS, apaan tuh…?


Hmm..,dari sekian banyak sistem manajemen yang ada, salah satu yang sudah diterapkan adalah Manajemen dengan sistem Olimpiade atau dikenal dengan MBOS (Management By Olympic System).

ikpp-mbos

Kenapa menggunakan MBOS..?salah satu alasannya adalah kontinuitas dan kehandalan dalam bentuk kerjasama team. Pada pertandingan Olimpiade, untuk mencapai tujuan yaitu menjadi Juara-1, maka dibutuhkan tidak hanya kemampuan manajerial atau mengatur strategi, tapi juga perencanaan dari tahap awal sebelum bertanding, selama bertanding, sampai selesai bertanding untuk menjadi referensi pertandingan selanjutnya pada waktu yang akan datang.

Yang lebih menarik adalah, dengan sistem ini, target yang dicanangkan adalah target yang menantang dan berusaha melakukan terobosan (breaktrhough), weleeeh…,tul nggak ejaannya. 🙂

Dimana bisa diaplikasikan..?
Dimana saja, di rumah, tempat kerja, sesuai dengan kebutuhan kita.
Contoh di rumah atau keluarga, kita dapat mengkonsep satu target pada akhir tahun akan membeli rumah sendiri (maklum sekarang lagi ngontrak..! di RSSSSSS), tentu ada planning mulai dari awal sampai finish, nah,…setiap bulan, perlu dibuat satu indikator yang menunjukkan adanya perubahan dari dana yang ada apakah positif atau negatif, kata lain untuk istilah ini adalah Key Performance Indicator KPI. Sampai akhirnya, pada penutupan (annual) tahun berjalan, kita sudah dapat mengambil keputusan apakah target secara keseluruhan dapat terlaksana atau harus dievaluasi.

Contoh aplikasi lain..?silahkan dicari ya..!! (ngacir..!!)

Trims…, semangat pagi.

Ditulis dalam Manajemen. 5 Comments »

5 Tanggapan to “MBOS, apaan tuh…?”

  1. babangiam Says:

    boleh kritik untuk mbos nya pak

  2. ikpp Says:

    silahkan saja pak babangiam, tapi saya berhak tidak menjawab yang tidak harus saya jawab, mohon maaf sebelumnya, yang berkaitan dengan instansi manapun, tidak ada kaitan dengan blog ini. Makasih sudah berkunjung.

  3. Pandu Kukun Says:

    mau tanya soal buku referensi MBOS ini dong, Pak. Ada info mengenai itu kah? Thanks


Tinggalkan komentar