Cara Membuat Robot – Pendahuluan


Kalau bertemu dengan orang yang teoritis, maunya belajar sampai rumus alias formula yang njelimet alias bikin kepala mumet…met..met…(weleh..!)

Oh ya, cara buat Robot yang dapat kami sampaikan antara lain :

1. Kontroler atau Prosesor
Bisa menggunakan beberapa kompone aktif seperti transistor yang dirangkai sedemikian rupa menjadi alat kontroler atau lebih disarankan menggunakan Mikrokontroler yang adalah satu chip (IC) yang dapat diprogram dan kemudian dapat melaksanakan instuksi yang sudah kita tanamkan ke chip tersebut, sehingga dapap memfungsikan tiap pin (kaki) sebagai input atau out put.
Untuk pekerjaan programmer tersebut kita buat downloader yang akan memasukkan file dengan extensi hexa untuk di ‘masukkan’ ke chip.
2. Input atau Masukan
fungsinya sebagai sensor, seperti sensor jarak, sensor garis, sensor suhu, dll, dan mengkonversikan nilai analog tersebut ke bentuk digital dengan ADC (Analog to Digital Converter) untuk selanjutnya jadu ‘aspirasi’ bagi Kontroler utama.

3. output atau Keluaran
adalah kebalikan dari Input yang akan melakukan aksi terhadap setiap intruksi yang diberikan misalnya dalam bentuk; gerak putar (roda), lampu indikator, suara, atau mungkin jadi input lagi bagi Kontroler yang lainnya.

4. Mekanik atau Case
tiap rangkaian yang ada modul dan beberapa komponen lainnya seperti sensor-sensor dan motor servo misalnya, harus ada rumah alias tempatnya bernaung..(weeek..), untuk itu kita buat sedemikian sehingga tidak terlalu besar (table top) tapi proporsional sesuai dengan fungsinya.
Ada yang membuat khusus dengan memotong plat dan merangkainya.., ada juga yang menggunakan bahan yang sudah jadi seperti kemasan makanan atau minuman yang ada dan menyesuaikan peletakkan komponennya.

5. Software alias Perangkat lunak
perlu juga..? ya jelas..! khususnya untuk membuat program dengan bahasa apa saja yang kita mau tinggal pilih; assembly, basic, c, c++, dll.
Dengan semangat Open Source, kami sarankan untuk tidak menggunakan software bajakan, sebagai alternatif, silahkan gunakan Linux dengan segudang distronya.

Jadi lah konsep awal untuk membuat robot, tinggal sentuhan terakhir, imajinasi…!

My Robotics blog : Robot Indonesia
Milist Robot : Mailing Lis
Semoga bermanfaat..!

Ditulis dalam Robotika. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Cara Membuat Robot – Pendahuluan”

  1. wiswa Says:

    tenx udah berkunjung k blogq,, aq tertarik banget ne blajar robotika,, serius,, punya bku yang lengkap mereferensikan tentang robotika dari dasar gak?..kalo punya konf email yah,,,

  2. ikpp Says:

    @wiswa = trims bro, mail udah saya kirim, bisa juga ikuti link di blog saya tentang robotika : http://robot-indonesia.blogspot.com/2008/08/e-book-mikrokontroler-dan-robotika-1-cd.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: