Tahapan Estimasi Proyek: Survey


Survey atau pemetaan lokasi khususnya untuk skop kerja electrical seperti intalasi kabel power untuk suatu daerah tertentu, banyak faktor yang harus diperhatikan untuk meminimalisir kekurangakuratan data estimasi nantinya.

Sebagai contoh, adanya permintaan atau request user untuk memasang instalasi listrik di satu bangunan Kantor, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan anta lain:

1. Lay out atau lokasi bangunan tersebut, digambar ‘tulis tangan’ untuk kemudian di gambar dengan bantuan program komputer, misalnya: Auto Cad atau Visio dll. Sekaligus untuk mengetahui sumber arus yang akan dijadikan power source untuk distribusi.

2.Lay out bangunan atau kantor tersebut, untuk menentukan pemakaian material yang cocok dengan kondisi ruangan, misalnya; pemasangan lampu penerangan mirror di plafon asbes, atau pemasangan lampu TK di plafon triplek, dsb.

3.Rancang Sumber Power untuk distribusi dan distribusi power di dalam ruangan itu sendiri, dengan melihat beban (load) yang diperlukan di ruangan tersebut seperti Air conditioner, penerangan, power untuk komputer, dll, selanjutnya akan dituangkan ke dalam gambar single line diagram.

Disamping beberapa hal tersebut, tentunya sangat bergantung kepada pengalaman yang diperoleh sebelumnya untuk efektifitas dan efesiensi waktu kerja kita.

Ada yang punya pengalaman sebagai estimator proyek electrical atau instrument, silahkan komentar di bawah ini, atau yang berminat, silahkan beri masukan…!

Semoga bermanfaat, terima kasih…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: