Lampu Jalan Tidak Mau Mati, Hidup Teruss…, gara-gara apa ya..?


Salam sukses,

Masalah: Lampu Jalan tidak mau mati, hidup teruss padahal, seperti lampu jalan di yang sering kita temukan di sepanjang jalan protokol misalnya, kalau keadaan cuaca gelap, maka lampu akan menyala (hidup) begitu juga sebaliknya,jika cuaca terang, lampu akan padam (mati).
Kontrol Lampu Jalan seperti ini sangat sederhana, yakni dengan memanfaatkan komponen sejenis Photo Cell yang berfungsi mendeteksi cahaya matahari dan memutuskan atau menyambung arus ke lampu.

Biasanya urutanya seperti gambar berikut :

Jadi, pada saat gelap, komponen Photo Cell akan aktif dan membuat arus yang sudah stand by terhubung ke Coil Magnetic Contactor, selanjutnya Contactor terhubung antara sisi primer ke sisi sekunder, arus ke lampu yang sudah stand by juga di sisi primer contactor, maka akan dikirimkan ke sisi primer contactor, sehingga beban (load) yakni Lampu-Lampu akan menyala.
Proses ini berjalan teruss, sampai keadaan cuaca berubah dari gelap menjadi terang, sehingga kondisi sebaliknya terjadi.

Solusi dari masalah di atas beragam antara lain :
– kerusakan pada Photo Cell yang terhubung singkat atau putus, tergantung koneksi ke contactor.
– permukaan photocell yang tertutup sesuatu sehingga seolah-olah cuaca gelap, padahal ada yang menutupinya, dapat membuat lampu hidup terus

Itu solusi dari hasil pengalaman saja, jika ada yang punya pendapat atau pengalaman, silahkan makan.., salah.., komentar..he..he..!!

Selamat bekerja..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: