Toko Buku VS Search Engine di Internet..!!


Suatu saat, saya butuh satu informasi, kemudian, seperti biasanya, saya pergi ke warnet, searching informasi dan mencari dengan format file .pdf atau lainnya yang bisa didownload, dibaca offline dan di print jika perlu.

Di waktu lain, saya jalan-jalan ke toko buku di pekanbaru, selain tidak punya uang yang cukup, masalah lainnya juga ada seperti makan tempat, akhirnya setelah lirik sana-sini, beragam bukupun masuk ke dalam otak, diolah, kemudian di pertimbangkan, akhirnya tidak jadi beli, kemahalan dibandingkan dengan cara yang pertama di atas.., udah itu, kalau kita beli buku, kadang hanya sebagian yang menarik atau inti data yang dicari kadang ada pada beberapa halaman saja, tetapi harus beli buku satu buah…,mubazir. Harga buku juga mungkin semakin murah, tetapi masih jauh selisihnya dengan biaya online di internet, misal, harga buku rp.25.000,- , kemudian, katakanlah informasi 50% memuaskan, artinya harga rp.12.500 dapat diterima, sedangkan dengan rp.12.500 itu, saya searching di internet dan donwload file sepertinya cukup 1 jam, bayar rp.4.000 udah dapat…, hmmm begitulah..!

Bagi yang hobi baca buku, silahkan beli dan baca sendiri, atau dikoleksi di rak/pustaka pribadi, ini hanya perbandingan yang saya temukan.
Mungkin saya adalah salah satu kutu buku, bisa-bisa berjam-jam betah di ruangan perpustakaan atau di toko buku, tapi setelah mengenal lebih dalam internet, sepertinya saya akan lebih lama di depan layar komputer online cari referensi data yang saya butuhkan, dan sekali lagi print atau cetak yang dianggap perlu.

Bagaimana dengan para pembaca blog ini…?

2 Tanggapan to “Toko Buku VS Search Engine di Internet..!!”

  1. darisjati Says:

    kehadiran internet telah menjajah hobi baca buku saya mas🙂. Angka baca saya turun drastis, he he

    • ikpp Says:

      dari: iya mas, semua ada efek baik dan kurang baiknya, tergantung kita filter aja kali ya..! txs


Tinggalkan Balasan

