Mau Absen dengan Mesin Sensor Jari biar lebih Afdol


Salam sukses,

Kalau dulu, pernah liat dan pakai absensi kerja dengan cara ceklok amano, kalo tak salah, cara kerjanya, ambil kertas di samping mesinnya, masukkan ke dalam mesin dan ‘cetaak..!’ tanggal dan jam pun terprint di kertas tadi.

Untuk model agak mendingan, dan cukup lama, ada lagi absen dengan Kartu yang mengandung magnet di dalamnya, cara kerjanya; kartu magnet di gesekkan ke mesin, dan identitas pun ter print di kertas gulungan di sampin mesin.

Model terbaru lagi, ada mesin baru, kira-kira seperti gambar berikut :

cara kerjanya; kartu yang mengandung RFID alias Radio Frequency ID, didekatkan dengan mesin, dan letakkan jari di mesin pada posisi scanner nya, lalu data akan terekam ke mesin dan bisa diteruska ke sistem jaringan via LAN, dan di olah semaunya, misalnya di ‘interface’ dengan program aplikasi, dan dimasukkan sebagai database.

Yang terakhir inilah yang lebih oke, meskipun ada di tipi-tipi (TV) atau di pilem, udah pakai scan retina alias mata dan macam-macam seputar wajah kita., dan ada juga deteksi suara, dll.

Kelebihan dari RFID dari magnetik salahsatunya adalah; keamanan, kalau dengan kartu magnet, bisa di titipkan kepada temannya, tapi kalau dengan jari, ndak bisa, kecuali di pilem lagi, dibuat semacam latex dari karet rekayasa jari,dll, itu betul nggak..?namanya juga di pilem.

Apapun itu, yang jelas absensi seperti ini sebaiknya prioritasnya keamanan alias security yang berlapis karena menyangkut kepentingan orang banyak.

Ok, artikel ini sengaja kami buat karena ada ketemu dengan seorang mahasiswa yang punya job alias tugas bersama-sama rekannya membuatkan sistem Absensi yang terkoneksi alias online.
Salah satu bentuknya ya…, aplikasi web base, dan file tersimpan diserver, sementara kelemahan kalau pakai yang program install, jika program crash atau kena virus, maka semua sistem akan hilang atau rusak.

Kalau ada opini atau masukan, silahkan di sharing di sini.

Selamat berkarya..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: