Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2012 (KRI & KRCI 2012)


KRI dan KRCI adalah merupakan ajang kontes robot yang diadakan secara nasional di Indonesia dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia.

KRI atau Kontes Robot Indonesia dilakukan oleh 3 buah robot yaitu robot manual, robot otomatis dan robot kolektor yang saling bekerja sama untuk memasukkan burns ungu ke dalam keranjang dengan melewati berbagai rintangan. Titik berat dari kontes ini lebih diutamakan pada gerakan-gerakan mekanis seperti memanjat, mengambil robot collector dan lain-lain.

KRCI atau Kontes Robot Cerdas Indonesia lebih mengutamakan kecerdasan robot dan sama sekali tidak memperbolehkan operator untuk mengendalikan robot selama proses. Kontes ini terdiri dari dua bagian yaitu Kontes Robot Beroda dan Kontes Robot Berkaki dengan tema yang sama yaitu menjelajah ruangan dan mencari titik api serta kembali ke posisi awal. Semua gerakan robot dilakukan berdasarkan hasil dari sensor.

Pertandingan diawali dengan pertarungan di tingkat regional yang kemudian akan dilanjutkan ke tingkat nasional. Pemenang dari pertandingan akan mewakili tim Indonesia dalam Abu Robocon 2012 di China.

Berikut adalah informasi-informasi yang dapat berguna bagi peserta

Untuk memperoleh kemenangan, tingkat keakuratan dan kecepatan robot adalah merupakan point utama, berikut ini kami ulas bahan-bahan untuk keperluan KRI dan KRCI sekaligus dengan bahasan mengenai spesifikasi masing-masing dan cara penggunaannya sehingga pengguna dapat menjadikan referensi bahan mana yang sesuai dengan robot yang sedang dikerjakan.

Artikel-artikel untuk mendukung KRCI

Berikut ini kami sajikan artikel-artikel yang dapat digunakan untuk mendukung KRCI. Artikel ini akan kami update terus secara periodik, untuk itu silahkan kunjungi halaman ini untuk mengikuti perkembangan artikel. Artikel-artikel ini akan membahas teknik-teknik yang digunakan pada KRCI dengan berbagai mikrokontroler seperti MCS-51, AVR maupun Renesas R8C dengan berbagai jenis sensor.

Robot KRCI kategori beroda

Robot KRCI Kategori beroda

Cek link ini untuk memesan

Robot KRCI kategori berkaki

 

Delta Hexapod 18 Servo

Cek link ini untuk memesan

PREVIEW VIDEO DENGAN POWER SUPPLY klik disini

PREVIEW VIDEO DENGAN BATTERY klik di sini

PREVIEW VIDEO SAAT MASA PROTOTYPE DI PANTAI SAMUDERA INDONESIA klik di sini

Berikut kami akan mengulas langkah-langkah teknik pembuatan Robot KRCI secara periodik. Sering-seringlah mengunjungi halaman ini untuk melihat perkembangan.

Kategori Beroda

  • Membangun rangkaian elektronik robot
  • Membangun mekanisme penggerak robot

 

Mascottaria

mascottaria@delta-electronic.com

0812 760 8036

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: