Menghitung Nilai Resistor dengan Program RC3 lebih mudah dan ada Quiz nya lagi..


Untuk dasar Elektronika, yang satu ini sampai tuek pun perlu kita ketahui dan jangan dilupakan, satu komponen elektronika yang bernama Tahanan alias Resistor.
Kalau kita sekolah di esempe atau esemka atau esema, bisalah kita belajar hitung nilai tahanan ini dengan menghapal masing-masing warna yang ada di badan resistor, dan sampai sekarang pun sepertinya sudah di luar kepala.
Kalau sudah hapal, tentunya tidak masalah, karena kalau tidak hafalpun, sudah ada orang yang kreatif buat software atau program yang berfungsi menghitung nilai tahanan hanya dengan beberapa kali klik sana sini, akhirnya kita tahu nilai dari satu tahanan.
Berikut nama softwarenya : Resistor_Color_Code_Calculator yang berformat execution file alias file exe. Untuk mengunduhnya, silahkan klik di link berikut :
Download file Hitung Nilai Tahanan di ikpp.wordpress.com klik di sini : Resistor_Color_Code_Calculator

dan beberapa penampakan dari program ini dapat dilihat seperti di bawah ini :
– Ikon RC3 di desktop :

– jendela RC3 pertama kali dibuka :

– Quiz di RC3, menarik bukan, bisa buat asah otak :

– Hukum Ohm, hitung nilai tahanan dari tegangan dan arus yang diketahui :

– Hitung Arus :

– Hitung Tegangan :

– Tentang RC3 :

– Help Topic :

dan terakhir, kita test hitung nilai akhirnya dari warna yang kita ketahui, misalnya, kita mau tahu nilai resistor yang kita pegang berapa sih nilainya, masukkan saja ke dalam chart alias tabel yang suda ada : Merah (red), Coklat (Brown), Hijau (Green), dan Emas (Gold), hasilnya :

Nah, semakin sering kita berlatih dengan program ini, semakin kita menyenangi elektronika dan mudah-mudahan semakin banyak karya yang dapat kita perbuat dan mari bagikan ilmu kita untuk kebaikan sesama.

Tantangan selanjutnya adalah, bagaimana membuat program sendiri untuk menghitung nilai resistor tersebut dalam bahasa indonesia yang gratis alias free disebarkan kepada semua orang, lebih bagus lagi kalau bisa masuk ke sekolah-sekolahan esde sampai seterusnya.
Banyak program yang biasa dipergunakan mulai dari program stand alone seperti visual basic, dot net, delphi, atau yang web base di bawah server lokal (localhost).

Terima kasih, selamat berkarya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: